Di setiap peringatan HUT Kemerdekaan Negara kita maka permainan panjat pinang adalah termasuk permainan favorit yang sering diadakan dan terheboh karena disana kita bisa melihat akan perjuangan sekelompok orang untuk berupaya memanjat batang pohon pinang atau bambu yang telah dilumuri pelumas untuk mendapatkan hadiah yang menarik, tapi sadarkah kita bahwa permainan itu sangat membahayakan akan keselamatan para pemain?

Untuk mencapai puncak maka mereka harus bisa membentuk formasi saling injak pundak rekannya yang berada di bawah dan formasi ini sering hancur atau ambruk yang mengakibatkan tubuh mereka saling tumpang tindih hingga sangat rawan terjadinya kecelakaan. Seorang pekerja saja diharuskan untuk menggunakan alat alat keselamatan agar tidak terjadi suatu kecelakaan atau mengurangi kecelakaan yang fatal.

Para peserta sering tergiur oleh besarnya hadiah yang dipajang diatas pohon pinang sehingga mereka sering melupakan akan keselamatannya. Padahal biaya pengobatan, perawatan, operasi begitu mahal.

Mungkin itulah salah satu pertunjukkan sifat asli kita atau gambaran jiwa kita, yaitu tidak peduli akan keselamatan orang lain asalkan dapat membuat kesenangan bagi kita semua, kita bertepuk tangan dan tertawa terbahak melihat peserta berebut hadiah dengan mempertaruhkan akan keselamatannya.

Jadi perlukah panjat pinang dibudayakan? Atau perlu larangan yang tegas, kita harus menunggu korban berjatuhan atau harus ada aktivis asing pencinta manusia yang memprotesnya.